Kamis, 08 November 2018

B A R I S T A

B A R I S T A 



 


Barista bukan hanya sekedar orang yang “bertugas” untuk membuat kopi di kedai kopi. Lebih dari itu, mereka adalah seniman. 

JADI sepertinya sah jika kita, atau saya, mengatakan bahwa menjadi barista bukanlah perkara gampang segampang membalikkan tangan. Juga bukan pekerjaan mudah meskipun yang mereka kerjakan seolah terlihat mudah.
Pengertian barista adalah seseorang yang menyiapkan dan menyajikan kopi-kopi berbasis espresso. Meskipun istilah barista digunakan untuk menyebut orang yang menyiapkan kopi, namun secara teknis barista adalah seseorang yang sudah terlatih secara professional untuk membuat espresso, plus memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi-kopi yang melibatkan berbagai campuran dan rasio semacam latte atau cappuccino.
Secara etimologi, kata barista berasal dari Bahasa Italia yang berarti bartender, yaitu mereka yang menyajikan segala macam minuman, bukan hanya kopi. Namun seiring perkembangan jaman dan masuknya tren kopi ke Amerika dan Eropa, kata ini kemudian diadopsi menjadi yang sekarang kita kenal. Sementara di Italia sendiri, barista sering disebut dengan baristi (untuk laki-laki) atau bariste (untuk perempuan).




Apa yang mereka kerjakan?
Umumnya barista memang bekerja di kedai-kedai kopi, bar-bar kopi atau coffee shop dan biasanya mengoperasikan mesin-mesin espresso komersial yang cenderung rumit. Tugas mereka adalah mengukur seberapa besar suhu dan tekanan yang diperlukan untuk membuat espresso—terutama karena espresso dikenal sebagai minuman yang ‘agak ribet’ sehingga membuat espresso secara manual pun dianggap sebagai pekerjaan yang penuh keterampilan.
Selanjutnya barista juga membuat dan menyiapkan minuman-minuman yang memakai campuran susu, entah itu cappuccino, latte atau variasi keduanya. Menyajikan kopi-kopi semacam ini pun bukan pekerjaan yang hanya sekadar mencampurkan-susu-ke dalam-espresso saja, tapi memerlukan keterampilan dan skill tambahan lagi untuk meramu: apakah susunya harus di-froth, di-steam atau di-foam sebelum akhirnya menyempurnakan sentuhan di minuman itu dengan yang sekarang Anda kenal dengan latte art.
Di luar menyiapkan espresso dan minuman-minuman lain, seorang barista yang terampil juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang seluruh proses kopi agar bisa menyiapkan secangkir kopi nikmat yang tak akan terlupakan oleh pelanggannya.
Karena itu pula, untuk menjadi seorang barista diperlukan latihan demi latihan, bahkan tak jarang mereka mengikuti kelas-kelas dan pelatihan barista selama bertahun-tahun sebelum “ditahbiskan” dengan predikat ahli atau expert dalam bidang meracik kopi bernama barista.




Memberi edukasi untuk pelanggannya 

Jangan heran bila barista coffee shop andalanmu tiba-tiba ngajakin ngobrol tentang kopi. Seorang barista memang semestinya berbagi edukasi. Mereka pasti akan dengan senang hati menjelaskan seluk beluk kopi jika kita bertanya. Jadi tak perlu merasa malu bila ingin memesan kopi dengan istilah-istilah pembuatannya, seperti apa bedanya V60 dengan aeropress  atau tentang karakter biji kopinya.

Perkembangan barista
Popularitas kopi yang kian tahun kian meningkat pun ikut menaikkan gengsi dan popularitas para peracik kopi bernama barista ini. Di banyak negara yang memiliki kultur mingoogling sendiri, kalian mungkin akan terkesima melihat daftar pendapatan rata-rata barista per jam di luar negeri).
Seorang barista bahkan bisa memperoleh pendapatan per jam yang fantastis. Di Australia, pendapatan rata-rata barista bisa mencapai lebih dari $35 per jam, menyusul di belakangnya Oslo, Norwegia dengan pendapatan barista per jam $28.
Di sisi lain, semakin semaraknya dunia kopi juga akhirnya melahirkan kompetisi barista kelas dunia. Kejuaraan resmi barista awalnya bermula di Norwegia, namun kejuaraan bergengsi yang sekarang dikenal dengan World Barista Championship (WBC) rutin digelar setiap tahun di berbagai negara berbeda. Sebelum berkompetisi di ajang WBC, biasanya masing-masing partisipan wajib mengikuti dulu kompetisi serupa di negara mereka untuk bisa diperhitungkan masuk ke WBC.


Selalu sabar dan tersenyum 

Bertemu dengan pelanggan yang berbeda-beda mau tak mau seorang barista juga harus selalu sabar dan tersenyum. Selelah apapun mereka, pasti tidak akan pernah lupa menyapa dan bersikap sopan. Tak jarang juga mereka berhadapan dengan pelanggan atau coffee snob (para kritikus kopi) yang ‘rese’, harus tetap dihadapi dengan sabar dan ramah.
 Di Italia sendiri barista juga disimbolkan sebagai persahabatan. Menjalin hubungan baik dan membuat pelanggannya merasa nyaman dengan pelayanan mereka adalah hal lain yang harus diperhatikan pula. Sepulang lelah bekerja atau mengerjakan tugas pasti akan merasa senang dong bila memesan secangkir espresso ditambah senyum manis dan ucapan “lagi capek ya mbak?” atau “gimana kerjaan hari ini mas?” dari sang barista. Jadi jangan cepat baper ke barista coffee shop favoritmu ya, hehehe…



Kesimpulannya, memiliki dedikasi penuh dan (selalu) bersikap professional barangkali adalah salah satu alasan mengapa barista di luar negeri cenderung dihargai (baca: dibayar) begitu mahal. Karena sejatinya profesi barista bukan hanya sekedar ‘tukang bikin kopi’ lalu selesai. Mereka adalah seniman yang tahu betul seberapa banyak takaran dan campuran yang diperlukan untuk menyajikan espresso dan variasinya. Jika pelanggan memesan cappucino, maka mereka akan benar-benar meramu cappucino, bukan latte. Dan sebaliknya.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk bekerja sebagai Barista?

HAC - Hotel Academy Cianjur membantu calon pekerja yang belum mempunyai pengalaman atau sertifikasi di bidang hospitality tetapi ingin mudah mendapatkan pekerjaan, bisa mengikuti program vokasi atau upskill di HAC - Hotel Academy Cianjur yang pada saat ini sudah mulai berjalan. Program kami diantaranya, Program D1, Program Executive Class dan English Special for Purpose.

Let's join with HAC - Hotel Academy Cianjur, NOW! Never too late to learn.

For information and confirmation, please contact :
Campus address : Jln. KH Abdullah Bin Nuh No. 39 B RT. 005 / RW. 018 Kel. Pamoyanan Kab. Cianjur - Jawa Barat
Office Phone : (0263) 282913
Hp / Whats App : 0853 2249 4572
Website : http://hotelacademycianjur.com
Mail : hac.cianjur@gmail.com
Instagram : hotelacademycianjur
Facebook : HAC Cianjur
.
.
.
#HAC #HotelAcademyCianjur #YourSmartWays #Academy #College #Cruiselineschool #Cruiseshipschool #Hotelschool #SekolahPerhotelan #SekolahKapalPesiar #SekolahPerhotelanDanKapalPesiar #SekolahPerhotelanCianjur #SekolahKapalPesiarCianjur #F&B #F&BService #FoodAndBeverge #Food&Beverage #Waiter #Waitress #Barista #Bar #Bartender #cocktail #InfoSekolah #InfoKampus #InfoLoker #LoKerCruiseLine #Hospitality #CelebrityCruise #HollandAmericaLine #InstaSchool #InstaMoment #InstaGrid #Cianjur #JawaBarat #WestJava #Indonesia #lfl #l4l #likeforlike
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar